Beranda » ANIMALIA » Pisces » Ikan Piranha Sungai Amazon

Ikan Piranha Sungai Amazon


 

Ikan Piranha Sungai Amazon

Ikan Piranha atau Pirana adalah ikan air tawar omnivora yang banyak mendiami sungai-sungai di Amerika Selatan. Ikan Piranha merupkan keluarga Characidae  yang dikenal dengan ikan bergigi tajam dan rakus daging. Jumlah spesies ikan piranha belum diketahui secara pasti, dan spesies baru ikan piranha terus ditemukan, perkiraan berkisar 30 sampai lebih dari 60 jenis.

Deskripsi
Piranha biasanya memiliki panjang sekitar 14 -26 cm (5,5-10,25 inci), meskipun beberapa spesimen telah dilaporkan hingga 43 cm (17,0 inci).

Serrasalmus, Pristobrycon, Pygocentrus
dan Pygopristis adalah jenis yang paling mudah dikenali karena gigi mereka yang unik. Piranha jenis diatas  memiliki satu baris gigi tajam di kedua rahang, gigi erat dikemas (melalui katup kecil) dan digunakan untuk menusuk. Perbedaan tiap spesies ini terletak pada katupnya.

Serangan Terbaru
Serangan yang mengakibatkan kematian berulang di Amazon. Pada tahun 2011 seorang pria delapan belas tahun mabuk diserang dan terbunuh di Rosario del Yata, Bolivia. Pada tahun 2012, seorang gadis lima tahun Brasil diserang dan teribunuh oleh kawanan Pygocentrus nattereri.

Beberapa sungai di Brasil telah memperingatkan tanda-tanda tentang piranha mematikan. Pada tahun 2011, di negara bagian Brasil Piauí, ada serangan brutal dan berulang yang mengakibatkan seratus orang terluka. Di Negara Bagian São Paulo gan di Tietê 15 orang terluka. Di kota Palmas, Tocantins, serangan piranha 190 dilaporkan sampai pertengahan tahun 2007.

Distribusi
Ikan Piranha ditemukan di lembah Amazon, di Orinoco, di sungai-sungai dari Guyanas, di Paraguay-Paraná, dan Sungai São Francisco. Beberapa spesies piranha memiliki rentang geografis yang luas, lebih dari satu area besar yang disebutkan di atas, sedangkan yang lain tampaknya memiliki distribusi lebih terbatas.

Piranha akuarium telah diperkenalkan sampai ke Amerika Serikat. Piranha kadang-kadang ditemukan di Sungai Potomac, Lake of the Ozarks di Missouri dan bahkan jauh di utara Danau Winnebago di Wisconsin, meskipun mereka biasanya tidak bertahan musim dingin. Dua gadis memancing di sebuah kolam di Staten Island, New York City, menangkap piranha ganas red-bellied.

Ikan Piranha juga telah ditemukan di Danau Kaptai di tenggara Bangladesh dan Sungai Lijiang di Cina… Penelitian sedang dilakukan untuk menetapkan bagaimana piranha telah berpindah ke tempat yang jauh dari habitat aslinya. Beberapa pedagang ikan nakal diperkirakan telah melepaskan mereka ke danau untuk menghindari tertangkap oleh petugas antipoaching.

Ekologi
Piranha merupakan komponen penting dari ekologi lingkungan asli mereka. Meskipun sebagian besar terbatas pada saluran air dataran rendah, ikan ini tersebar luas dan menghuni habitat beragam dalam lingkungan baik lotic dan lentic. Karena Ikan Piranha bersifat  predator dan pengais, piranha begitu mempengaruhi distribusi lokal. Jumlah spesies di danau atau sungai dikendalikan oleh keberadaan ikan piranha.

Penelitian tentang spesies Serrasalmus aff. brandtii dan Pygocentrus nattereri di Danau Viana, yang terbentuk selama musim hujan ketika Pindare Rio (anak sungai dari Mearim Rio) pada saat banjir, menunjukkan bahwa spesies ini memakan bahan sayuran di beberapa tahapan dalam hidup mereka, secara ketat mereka tidak karnivora sepenuhnya. Piranha bertelur di lubang yang mereka gali, untuk melindungi telur-telur  mereka

Nilai Ekononi
Gigi Piranha sering digunakan untuk membuat alat-alat dan senjata oleh penduduk pribumi. Piranha juga populer sebagai makanan. Piranha umumnya dikonsumsi oleh nelayan, dan sering dijual untuk makanan di pasar lokal. Dalam beberapa dekade terakhir, spesimen kering telah dipasarkan sebagai souvenir wisata.

Ikan piranha sesekali menggigit dan terkadang melukai perenang. Ikan Piranha adalah gangguan yang cukup besar untuk nelayan komersial dan olahraga karena mereka mencuri umpan, tertangkap pancing, merusak jaring dan mungkin menggigit ketika terganggu atau terancam.

Di beberapa daerah ikan Piranha dapat dibeli sebagai hewan peliharaan, Pygocentrus nattereri merupakan jenis yang paling utama. Namun Piranha adalah ilegal di Amerika Serikat.  Selain di AS, adalah ilegal mengimpor piranha ke Filipina dan pelanggar bisa menghadapi enam bulan sampai empat tahun penjara.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Piranha
About these ads

1 Komentar

  1. mimi mengatakan:

    ikan ganas..hihihi…tkt….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Pengunjung

free counters
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.